tepat tanggal 22 Juni 2012 dini hari pukul 04.00 WIB, emak meninggalkan kami. menurut hitungan waktu masehi , emak menyusul bapak kurang lebih setelah dua tahun. 
memang di awal kepergian bapak, kondisi emak ngedrop hingga hampit kurang lebih setahun, namun alhamdulillah memasuki tahun kedua, kondisi emak jauh lebih baik. di kepulanganku terakhir tanggal 2 juni 2012, emak bahkan menyatakan bahwa sakit di lutut yang selama ini menghalanginya untuk sholat secara berdiri, ia nyatakan sudah hilang, tapi emak belum cukup pede untuk sholat secara berdiri. keluhan yang dinyatakannya sebelum berpulang ke rahmatulloh adalah sesak nafas yang dirasakannya dan memaksanya membangunkan adikku tepat pukul 3 pagi. sesak nafas ini juga yang menjadi perantara Alloh mengambil roh emak menuju khusnul khotimah, setelah melalui rangkaian tindakan medis sebagai bentuk ikhtiar. sepanjang menuju khusnul khotimah itu, hanya nama Alloh yang terdengar melalui lafaz istighfar dari mulutnya. subhanalloh..
aku mendengar kabar duka itu jam 4:43 pagi dari mba makmah, dan segera aku mempersiapkan kepulanganku ke Tegal melalui Pangkalan Bun – Semarang. alhamdulillah, atas izin Alloh melalui bantuan sahabat-sahabatku, semuanya berjalan lancar hingga aku diberi kesempatan untuk melihat wajah emak terakhir kalinya, menyolatkan dan memakamkannya disamping makam bapak di kuburan yang letaknya persis di sebelah rumah kami.
kini tinggal kami bersembilan, anak-anaknya yang masih mengalirkan do’a untuk kedua orang tua kami. hanya do’a dari kamilah yang diharapkan oleh bapak dan emak sebagai bekal amal menuju jannah di yaumul hisab. 
ya Rab, jadikanlah kami anak-anak yang berbakti sepeninggal kedua orang tua kami. anak-anak yang mau mendo’akan kedua orang tua kami  di setiap usai sholat lima waktu kami.
ya Rab, ampunilah dosa kedua orangtua kami..
ya Rab, maafkanlah kedua orangtua kami..
ya Rab, tempatkan kedua orangtua kami di tempat yang mulia, di jannah-Mu..
ya Rab, lapangkanlah kubur kedua orangtua kami..
ya Rab, bersihkanlah kedua orangtua kami dari segala kesalahan..
ya Rab, Ampunilah dia (dari beberapa hal yang tidak disukai), maafkanlah..
ya Rab, masukkan kedua orangtua kami ke Jannah..
ya Rab, jagalah kedua orangtua kami dari siksa kubur dan Neraka..
ya Rab, sesungguhnya Engkau Maha Pengabul Do’a..
aamiin ya robbal ‘alamiin..

Advertisements