Tags

, , , , , ,

saat yang membahagiakanku adalah saat pulang mengunjungi keluarga setelah dua atau tiga minggu di rantau. saat dimana aku bukan hanya menunaikan kewajiban sebagai seorang suami kepada istri tercinta, tapi juga kewajiban sebagai seorang ayah terhadap anak-anaknya. saat yang biasanya hanya bisa aku nikmati tiga malam saja.
tapi tiga malam itulah, seperti tulisanku sebelumnya tentang quality time, aku bisa menjadi lebih bersemangat menjalankan ibadah bersama kedua anak laki-lakiku yang sudah memasuki akil baligh. semangatku yang tidak hanya terjangkaunya masjid yang hanya berjarak empat rumah, tapi juga kesempatan runtang-runtung jalan ke masjid itulah yang menurutku riya’ positif, show off bahwa kami mencoba menjadi muslim yang mau mengunjungi masjid tempat kami beribadah sholat fardhu.
rutinitas tiga malam itu selalu aku rindukan. saat azan berkumandang, kami bertiga bergegas mengambil air wudhu dan berangkat ke masjid, meninggalkan aktifitas bermain psp atau surfing internet dan youtubing di ipad. tidak perlu ada ajakan dengan penekanan lagi, semuanya seperti reflek.
rutinitas tiga malam itu lebih terasa saat kami bertiga juga bisa mendengar alunan azan subuh berkumandang. tentu saja menjadi kewajibanku membangunkan kedua anak lelakiku dari tidur lelap dan mimpi indahnya untuk bergegas mengambil air wudhu dan bergegas ke masjid. tentu saja juga dengan tidak perlu ada ajakan penekanan lagi, semuanya seperti reflek.
subhanalloh, Maha Suci Engkau Ya Alloh yang telah melimpahkan waladun yang mudah-mudahan hatinya selalu terikat kepada-Mu. Maha Suci Engkau Ya Alloh yang telah menitipkan amanah kepada kami, orangtuanya, dua anak lelaki yang pasti Engkau berkehendak keduanya menjadi waladun sholeh yang kelak akan senantiasa mengirimkan untaian do’a sebagai bekal tambahan amalku untuk menghadap-Mu.
subhanalloh, anak-anakku, kalian adalah penyemangat ibadahku. panjatkan do’a tulus kalian agar orangtuamu ini tidak hanya bisa membangunkan waktu sholat subuhmu selama tiga malam dalam sebulan. do’akan supaya orangtuamu ini bisa menjadi lebih bersemangat lagi dalam beribadah dengan membangunkanmu untuk jamaah sholat subuh di masjid di setiap malam, di sepanjang bulan. aamiin..

Advertisements