image

toilet umum

Anda pasti bertanya-tanya. apa hubungannya alat yang sepengetahuan saya propertinya PT. Telkom dengan toilet umum?
Jelas ada hubungannya. foto ini saya ambil di halte kebon sereh, tepatnya turunan jembatan jatinegara arah priok, seberang STM Bonser. Kalau anda tahu, pasti anda faham kalo disitu tempat mangkalnya taksi nunggu penumpang ke arah bandara atau priok. Nah, disitu juga jadi halte nunggu bis jemputan pegawai bea cukai kanwil jakarta, yang kebanyakan ibu-ibu, dan tempat saya menunggu tumpangan teman2 yang kebetulan rute berangkatnya melewati jalir ini menuju pelabuhan tanjung priok.
Disitulah saya dan ibu-ibu dari kanwil jakarta , menunggu ditemani aroma polusi kendaraan dan yang pasti semerbak toilet umum terbuka. Ya, bener, alat yang dipasang dan ditempatkan oleh PT. Telkom disitu, jadi tempat kencing-tanpa cebok-nya supir-supir taksi yang ngetem nunggu penumpang disitu. Nggak percaya? cobalah sekali-kali lihat, selain baunya yang semerbak khas air kencing, kadang masih ada bekas basahnya. Pokoknya melepas hajat buang air besar pas masih sepi orang sambil pegangan alatnya PT. Telkom itu kayaknya jadi rutinitas yang tidak bisa dihindari.
Jangan salahkan mereka juga.. lha pemda DKI Jakarta yang nggak concern menyediakan fasilitas toilet umum yang memadai dan menyebar di seluruh wilayah Jakarta bagi warganya.
Bisa jadi, dan jangan-jangan, anda juga pernah nitip kencing disitu saking kebelet dan susahnya nyari toilet umum.. hehehehe..

Advertisements