Khatib di mesjid belakang kanwil pekanbaru tempat dimana saya sholat jumat dalam suatu kesempatan dinas, istimewa. Beliau menyarankan kepada segenap jamaah untuk mempunyai ibadah unggulan, selain seruan lainnya tentang ajakan taqwa. Sang Khatib menyatakan, ibadah sholat lima waktu, puasa, dan zakat itu sudah semestinya dan wajib dilakukan, karenanya, jangan jadi yang biasa-biasa saja. Musti ada ibadah yang lebih, dan jadi unggulan. Jadilah ia ibadah unggulan, ibadah yang tidak bisa dan belum tentu semua orang melakukannya, meskipun ia sebenarnya mampu. Spesial, biarpun sedikit, tapi terus-menerus.

Tahajud tiap malam, terus-menerus, biarpun cuma dua rokaat, itu contohnya. Atau kalau nggak kuat tahajud, puasa senen kemis, rutin dan istiqomah dijalankan, itu ibadah unggulan. Sodakoh dan infak, biarpun tidak besar, asal selalu dilakukan baik disaat lapang maupun sempit, juga masuk kategori ibadah unggulan. Pendek kata, segala amal baik yang ada tuntunannya biarpun sedikit tapi berkesinambungan dilakukan, bakal jadi ibadah unggulan yang diperhitungkan.

Kegiatan mengadakan ibadah unggulan itu karena kita ingin ada sesuatu yang lebih yang bisa kita lakukan dibanding kebanyakan lainnya. Kita tidak tau, ibadah yang mana yang akan bisa memberatkan timbangan amal baik kita di hari perhitungan kelak.

Benar bahwa semua tergantung kepada Rahman dan Rahim-Nya Alloh semata, tapi mengelola keistimewaan kita dengan membiasakan diri memiliki ibadah unggulan, insya Alloh akan menjadikan kita manusia yang istimewa.

Sebagai penutup, dengan menukil sebuah hadits, “ dari Aisyah ra. ia berkata: Sesungguhnya Rasulullah saw. masuk ke rumah Aisyah waktu itu ada seorang perempuan, dan beliau bertanya: “Siapakah dia?” Aisyah menjawab: “Ini adalah fulanah yang terkenal shalatnya.” Nabi bersabda: “Wahai fulanah, beramallah sesuai kemampuanmu. Demi Allah. Dia tidak akan pernah jemu menerima amalmu, sehingga kamu sendirilah yang merasa jemu. Sesungguhnya amalan yang paling disukai Allah yaitu yang dikerjakan secara terus menerus.” (HR Bukhari dan Muslim)

Semoga kawan sekalian bersiap diri, memberi nilai lebih ibadah kita dengan melakukan ibadah unggulan yang yang insya Alloh jadi jalan kebaikan kelak.

Advertisements